Logo Unik PT. BPR Mitra Parahyangan Simbol Kepercayaan


Macam Bentuk Logo/Pinterest 


Logo merupakan suatu sarana komunikasi visual yang dipergunakan oleh suatu instansi atau perusahaan untuk mengungkapkan jati dirinya. Logo juga dipergunakan sebagai sarana mengkomunikasikan tujuan kepada klien ataupun konsumen. Logo disebut sebagai identitas yang selalu diingat.


Identitas itu seperti wajah yang membuat seseorang atau sesuatu dikenal dan diingat oleh orang lain. Tanpa identitas, tidak akan muncul ketertarikan untuk memahami lebih lanjut. Logo bukanlah satu-satunya identitas melainkan salah satu bagian dari identitas. (Jessica dan Rudyant, 2015)

Logo dan Filosofinya

Pembuatan logo tidak serta merta jadi. Ada makna yang ingin disampaikan sehingga mudah dipahami. Dalam makna tersebut menyimpan filosofi tertentu. Agar dapat menyampaikan makna tersebut ke masyarakat, logo sangat dipengaruhi oleh bentuk dan warna. 


Menurut Jessica dan Rudyant, bentuk logo dapat berupa pola seperti kotak, garis dan transparan. Bentuk logo diciptakan guna memperkuat ciri khas. Selain itu, bentuk logo dapat mempermudah penyampaian informasi. (Jessica dan Rudyant, 2015)


Selain bentuk, aspek penting lainnya dalam sebuah logo adalah warna. Warna adalah elemen desain yang terlihat seketika. Pemilihan warna ini bertujuan untuk menyampaikan emosi penting. Warna juga digunakan untuk membangkitkan perasaan tertentu. Warna sebuah logo dapat mengeluarkan perasaan dan dampak positif bagi pemilik logo. (Wirania, 2017)


Macam-macam Warna/Pinterest 

Bentuk Logo PT. BPR Mitra Parahyangan

PT. BPR Mitra Parahyangan sebagai bank yang telah lama berdiri dan berdedikasi tinggi memiliki logo yang unik namun bermakna dalam. Logo ini dibuat untuk menjalin kedekatan pada masyarakat. Harapannya agar khalayak tahu BPR hadir untuk kebutuhan rakyat.


Toni Muliadi, Direktur Utama PT. BPR Mitra Parahyangan mengatakan, bentuk logo Bank Perkreditan Rakyat Mitra Parahyangan ini melambangkan kemitraan antara perbankan dan masyarakat, membentuk keterikatan kokoh untuk membangun perekonomian di tanah Parahyangan.


Toni Muliadi juga menerangkan, simbol segitiga pada logo ini terinspirasi dari gunung tangkuban perahu yang menjadi icon tanah Parahyangan sesuai ruang lingkup kerja PT. BPR Mitra Parahyangan. Gunung tangkuban perahu melambangkan simbol dan pemersatu kuat masyarakat tanah Parahyangan.


Bentuk logo ini mengikuti jenis bentuk logogram kombinasi garis. Kombinasi garis diciptakan sedemikian rupa untuk menyampaikan pesan tentang sifat ilmiah, aktivitas, dan hubungan antar elemen dengan jelas, terkontrol dan presisi. Teknik ini menggunakan konsep cerdas dan hubungan dekoratif. (Jessica dan Rudyant, 2015)

Makna Warna pada Logo PT. BPR Mitra Parahyangan

Untuk pemilihan warna, Toni Muliadi selaku Direktur Utama PT. BPR Mitra Parahyangan menyebutkan, dipilih warna biru dan pink karena memiliki makna yang mendalam. Warna biru menggambarkan kepercayaan dan profesionalisme. Warna pink dipilih dikarenakan melambangkan ketulusan. 


Makna warna logo PT. BPR Mitra Parahyangan/Dok.Pribadi


Menurut Wirania (2017) warna dapat digunakan untuk membangkitkan emosi tertentu. Dalam bukunya yang berjudul Serba-serbi Warna dipaparkan kehadiran warna biru berasal dari filosofi bersinar. Warna biru memiliki makna kepercayaan, keyakinan, kebijaksanaan, loyalitas,, kecerdasan, kebenaran, konservatif, lembut, serta ikhlas. Sedangkan warna pink dimaknai dengan ulet berjuang.

Konsistensi Logo dan Komitmen

Bank Perkreditan Rakyat Mitra Parahyangan sesuai namanya berdiri karena memenuhi kebutuhan rakyat. Terutama bagi para pelaku usaha ultra mikro yang baru berjalan. Para pelaku usaha seperti ini biasanya belum ramah dengan pinjaman. Beberapa diantaranya bahkan tidak memiliki jaminan akan tetapi membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya. Untuk pelaku usaha ini BPR Mitra Parahyangan menyediakan bantuan hingga Rp 50 juta rupiah.


 Logo dan Makna PT. BPR Mitra Parahyangan/Dok.Pribadi


Logo ini juga dibuat sesuai visi dan misi PT. BPR Mitra Parahyangan. Adapun visi PT. BPR Mitra Parahyangan adalah menjadi BPR yang besar dan kuat sebagai mitra pembangunan masyarakat Jawa Barat. Sedangkan misinya adalah menjalankan operasional perbankan dengan tata kelola yang baik dan prinsip kehati-hatian serta mensejahterakan taraf perekonomian para stakeholder.


Mengajukan kredit di Bank Perkreditan Rakyat Mitra Parahyangan lebih efisien karena struktur organisasinya kecil, sehingga dalam pemberian kredit kecil tidak melalui proses panjang. PT. BPR Mitra Parahyangan juga memberikan pendampingan bagi para UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) juga bagi para pelaku usaha ultra mikro. 


Pendampingan ini berupa pengarahan manajemen keuangan yang baik. Para pelaku usaha juga akan diberikan pendampingan mengenai kedisiplinan pengaturan keuangan. Harapannya, agar para pelaku usaha dapat menjalankan usahanya dengan baik sehingga terhindar dari kredit macet.


Sumber terkait:

  • Kartika, Jessica Dian dan Rudyant Siswanto Wijaya, 2015. Logo Visual Asset Development. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. 

  • Swasty, Wirania, 2017. Serba-serbi Warna Penerapan pada Desain. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis di ODOA, Skill Meningkat Cuan Berlipat!

Kelas Naik Omzat Hari Ketiga: Cara Praktis Kelola Bisnis

Yuk, Mengenal Jasa Pembuatan Artikel Indscript Creative